CARA MEMBUAT LAMARAN PEKERJAAN

Selamat sore sobat, bagaimana puasa nya nih, masih kuat kah ? sambil ngebuburit saya mau berbagi sedikit ilmu saya kepada sobat yang kebetulan sedang mencari kerja atau yang baru lulus sekolah yang ingin mencari lowongan kerja dan masih bingung cara membuat lamaran pekerjaan.
Oke sobat kita langsung saja bahas Membuat surat lamaran kerja bisa dibilang susah susah gampang. Bagi mereka yang sudah terbiasa dalam urusan surat menyurat membuat sebuah surat lamaran kerja adalah hal yang sangat mudah dan dapat diselesaikan dalam hitungan menit. Namun beda halnya dengan orang yang belum pernah atau jarang sekali membuat surat, bagi mereka membuat surat lamaran kerja adalah sebuah hal yang sangat menyiksa dan terasa sangat sulit. Mereka cenderung meniru atau menyuruh teman mereka membuatkan surat lamaran kerja buat mereka. Namun tenang sobat, mulai dari sekarang Anda tidak perlu ketakutan jika harus berurusan dengan surat lamaran kerja. Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.  

Perlu kita ketahui, dalam membuat surat terutama untuk melamar kerja kita harus cermat dan teliti. Penulisan serta gaya bahasa juga harus baik dan benar sesuai dengan EYD Bahasa Indonesia. Surat lamaran kerja Anda adalah modal awal untuk menunjukkkan siapa Anda dan apa yang Anda punya. Dari surat lamaran kerja inilah karir dan masa depan Anda ditentukan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran kerja, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi. Selain itu Anda juga harus menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Hal-hal seperti ini sangat berpengaruh dalam penilaian penguji terhadap kepribadian Anda. 

  2. Membuat surat lamaran kerja menggunakan komputer atau mesin tik memang jauh lebih bagus dan rapi. Namun sebaik-baiknya surat lamaran kerja adalah surat yang dibuat atau ditulis dengan tangan Anda sendiri. Percayalah!!!

  3. Buatlah surat lamaran kerja yang lengkap. Lengkap dalam hal ini berarti seluruh persyaratan yang diminta oleh perusahaan tempat dimana Anda melamar kerja sudah Anda penuhi. Biasanya surat lamaran kerja disertai dengan foto copy ijasah terakhir, Pas Photo ukuran 4x6,/3x2/ 2x3 foto copy sertifikat/khursus, foto copy bukti pengalaman kerja, daftar riwayat hidup/CV, dll.

  4. Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu over/berlebihan saat Anda menunjukkan kelebihan yang Anda miliki, dengan begitu Anda akan terkesan sombong tunjukkan kelebihan Anda dengan sewajarnya saja. Anda pasti tahu bagaimana cara menjadi orang yang sederhana tapi berilmu. 
nih contoh surat lamaran saya dulu,hehehe keliatan amatiran yah :D



oke sobat segitu dulu dari saya, mohon maaf jika ada tulisan dari saya yang kurang berkenan,

semoga artikel ini berguna bagi sobat :)
Lain waktu kita akan membahas tentang membuat surat CV



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Postingan Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / Catatan Bang Ory

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger